Jumat, 12 Juli 2019

Kenali Sebelum Beli, Inilah Fakta Asuransi Kesehatan Syariah


Sekarang ini, asuransi kesehatan syariah semakin diminati oleh banyak orang akrena berbagai keuntungan dan kelebihan yang akan Anda dapatkan. Namun, sudah tahukah Anda tentang 5 fakta berikut ini? Asuransi ksehatan ini ternyata memiliki 5 fakta yang jarang diketahui oleh orang lain.

Asuransi Kesehatan Syariah

1. Perbedaannya dengan Asuransi Kesehatan Konvensional
Asuransi kesehatan syariah ini memiliki beberapa perbedaan mendasar yang membedakannya dengan asuransi kesehatan konvensional. Asuransi kesehatan berdasar syariat bersifat pasti karena tidak memiliki unsur gharar atau ketidakpastian, tidak mengandungn unsur qimar atau perjudian dan tidak mengandung riba.

2. Menggunakan Prinsip Takaful dan Tabarru
Asuransi syariah memiliki prinsip takaful atau berbagi risiko dimana peserta asuransi akan saling berbagi risiko karena perusahaan asuransi hanya berperan sebagai admin atau pengelola dana. Dana dari para peserta inilah yang disebut sebagai dana tabarru atau hibah. Jumlah besaran dana tabarru sesuai dengan akad perjanjian di awal.

3. Dana Dikembalikan
Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan masing-masing dalam prinsip kooperatif dan berbagi risiko yang dijalankan asuransi syariah. Pada umumnya, pengembalian atas premi yang tidak pernah diklaim akan diberikan berupa potongan harga saat perpanjangan polis. Jadi, dana akan tetap dikembalikan.

4. Amal Ibadah
Asuransi syariah memiliki konsep tolong menolong dalam kebaikan sehingga setiap premi yang dibayarkan dimaksudkan sebagai amal bagi nasabah agar terhindari dari klaim pengobatan, senantiasa diberikan kesehatan dan bisa menjadi bentuk tolong menolong karena tidak hanya melindungi diri, tapi juga orang lain.

Demikian informasi mengenai fakta-fakta asuransi kesehatan syariah yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilihnya. Lengkapi perencanaan keuangan pribadi Anda dengan produk asuransi sebagan perlindungan finansial dari hal-hal yang tidak diinginkan. Nantikan informasi menarik lainnya mengenai asuransi dan juga informasi kesehatan di blog ini ya. Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar.

1 komentar: