Senin, 06 Mei 2019

Wajib Tahu, Ini Manfaat Tersembunyi Service AC

Indonesia terkenal dengan iklim trofis yang cenderung panas, tak ayal dewasa ini Air Conditioner (AC), merupakan sesuatu yang sudah sangat lazim kita temukan di setiap ruangan, baik di ruangan kantor ataupun di rumah. Dengan memiliki AC berarti Anda harus merawatnya dengan baik, karena itu penting untuk melakukan Service AC demi menjaga AC Anda tetap dalam kondisi optimal. 

Service AC

Dewasa ini AC bukan lagi barang eksklusif bagi masyarakat Indonesia karena keberadaannya yang kian mudah ditemui di setiap rumah. Penyebabnya bisa jadi karena semakin ramai orang tahu bahwa selain berperan sebagai solusi dari permasalahan seputar cuaca panas yang negeri tropis ini hadapi setiap harinya, ternyata AC juga memiliki manfaat lain khususnya bagi kualitas ruangan dan kesehatan.

Tanpa disadari service AC Secara Rutin juga punya manfaat tersembunyi, mulai dari membuat Udara Dalam Ruangan Lebih Bersih, pasalnya udara yang bersih merupakan modal untuk hidup sehat. Tercemarnya udara dapat berbuntut panjang jika dibiarkan. 

Seperti yang sudah diketahui AC bisa membersihkan dan menyaring partikel dan debu diudara yang bisa terhirup sehingga bisa menyebabkan penyakit.

Namun penggunaan AC yang terus menerus juga bisa mengakibatkan kerusakan, untuk itu AC juga wajib diperhatikan dan diservice secara berkala agar bisa berjalan denga optimal setiap hari.

AC yang tidak terpelihara akan membuat kotoran menempel pada pipa evaporator, sehingga kotoran menumpuk dan membuat AC tidak lagi mampu untuk menyaring debu secara efektif.

Apabila kotoran dibiarkan menumpuk maka kotoran pada filter akan terakumulasi dan membuat filter tidak lagi dapat berfungsi baik. Jika filter tidak dapat menampung lagi, maka kotoran akan menempel pada pipa evaporator. Hal inilah yang seringkali menjadi penyebab utama kenapa AC Anda tidak lagi dingin.

Kotoran yang menempel pada pipa evaporator sering kali berubah menjadi lumut dan jatuh menutupi saluran pembuangan AC. Hal tersebut menyebabkan tertutupnya saluran pembuangan dan menjadi salah satu alasan utama terjadinya kebocoran pada AC.

AC yang kotor akan membuat AC bekerja lebih berat. Dengan memakai logika ini, bisa disimpulkan kalau AC yang bersih akan membuat kinerja AC lebih efisien. Sehingga listrik yang dikeluarkan tidak akan terlalu besar. Dengan service AC secara rutin, Anda juga dapat meminimalisir energi yang yang diperlukan sehingga dapat mengurangi pengeluaran.

Selain itu AC yang diservice secara berkala bisa membuat performanya terjaga sehingga dapat membuat udara diruang tetap dingin dan sejuk, ini juga berimbas pada produktifitas dalam pekerjaan, ini terbukti dari sebuah penelitian yang menuturkan bahwa seseorang cenderung lebih sulit untuk berpikir dengan baik ketika temperatur di tempat ia berada terlalu panas. Hal ini karena sejumlah energi secara otomatis terpakai untuk menurunkan suhu tubuh, menyisakan sedikit untuk otak bekerja. Dengan adanya AC, Anda akan memerlukan lebih sedikit energi untuk mendinginkan tubuh dan lebih banyak lagi energi yang bisa dialokasikan untuk berpikir dan mengeluarkan gagasan-gagasan cemerlang.

Ditambah lagi udara panas cenderung membuat seseorang kesulitan untuk berpikir. Dalam sebuah penelitian, turunnya kinerja otak seperti ini juga dikatakan sebagai faktor meningkatnya detak jantung dan tekanan darah dalam tubuh yang umumnya berbanding lurus dengan kadar temperamen seseorang. Secara tidak langsung, salah satu dampak positif penggunaan AC pun adalah mencegah seseorang menjadi cepat marah dan emosian.

1 komentar: