Senin, 31 Juli 2017

Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Ketika Membangun Teras Rumah

Teras Rumah

Jika Anda berpikir bahwa teras rumah merupakan salah satu bagian rumah yang tidak perlu Anda rencanakan dengan baik desain dan pembangunanya, Anda tentu salah besar. Kini teras rumah tidak hanya dipandang sebagai bagian yang “asal ada”, namun lebih sebagai pelengkap dan pemanis rumah yang kehadirannya tentu dapat membuat rumah Anda terasa lebih komplit. 

Teras rumah, meski terlihat sepele, ternyata memainkan peran yang cukup penting dalam membentuk fungsi dan estetika hunian. Selain desain eksterior rumah secara keseluruhan, salah satu bagian rumah yang tentunya paling pertama mencuri perhatian setiap mata yang memandang adalah bagian teras. Teras juga dapat dipandang sebagai “penyambut” tamu-tamu yang datang sebelum melangkahkan kaki mereka ke bagian dalam rumah. 

Namun tak jarang juga orang yang mendesain teras rumah dengan alakadarnya, mungkin dengan alasan ruang yang sempit. Memang, lahan yang didedikasikan untuk pembuatan teras pada hakikatnya berukuran cukup kecil, sehingga untuk dapat mendesain sesuai selera akan sulit karena keterbatasan lahan. 

Pada kenyataannya, yang membuat si “penyambut” di rumah Anda ini terasa elok dipandang, atau tidak, terasa nyaman ditinggali, atau tidak, bukanlah semata-mata hanya karena faktor besar kecilnya area teras. Mau kecil atau besar, dengan perencanaan dan desain yang tepat, teras apapun akan dapat memberikan kesan indah dan nyaman pada hunian Anda. Namun untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika ingin membangun atau mendekorasi bagian teras rumah Anda! 

1. Ketahui fungsi 
Sebelum memulai mendekorasi ruangan apapun, ketahui dulu akan difungsikan sebagai apakah ruang tersebut. Misalnya Anda memiliki sebuah ruang di dalam rumah yang ingin Anda fungsikan sebagai kamar tidur. Dengan mengetahui fungsi dari ruangan tersebut terlebih dahulu, Anda akan tahu harus seperti apa Anda mendesain ruangan tersebut, bukan?

Begitu juga halnya dengan teras. Beberapa orang tidak hanya menggunakan teras untuk sekadar menyambut tamu yang bertandang hanya sebentar, tapi juga difungsikan sebagai tempat minum kopi atau teh di pagi hari atau ketika matahari sudah bergelincir sedikit ke arah barat. Ada juga yang memfungsikan teras sebagai tempat bercengkerama bersama kerabat dan keluarga. 

Dengan mengetahui bagaimana teras tersebut akan Anda fungsikan, Anda akan memiliki pandangan mengenai perabotan apa saja yang akan Anda butuhkan, seperti apakah Anda membutuhkan sofa, dan lain sebagainya.

2. Tentukan bujet yang Anda miliki
Setelah mengetahui fungsi dari teras, selanjutnya Anda harus menentukan besar bujet yang Anda siapkan untuk memoles teras rumah. Unsur inilah yang akan sangat berpengaruh pada gaya apa yang akan Anda terapkan pada teras rumah Anda. Seperti yang Anda ketahui, teras bergaya minimalis akan lebih mudah dan murah diwujudkan daripada jenis teras lain, seperti, sebut saja teras bergaya mediteranian.

3. Ketahui luas lahan yang akan dijadikan teras
Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah luas dari area teras di rumah Anda. Jika tidak terlalu besar, maka pilih furnitur yang berukuran tidak terlalu besar. Namun apabila teras Anda dibuat cukup luas, membawa furnitur besar seperti sofa dan meja juga bukanlah suatu hal yang buruk. 

4. Ketahui letak pintu utama
Letak pintu utama akan sangat berpengaruh pada desain teras secara keseluruhan. Beberapa desain cocok untuk diaplikasikan ke teras dengan pintu utama rumah berada di sebelah kanan, tengah, ataupun kiri. Dengan memperhatikan aspek pintu utama, perencanaan desain dan pembangunan teras Anda akan menjadi lebih tepat sasaran.

5. Siapkan lampu teras
Jangan karena Anda sangat memperhatikan sisi desain, Anda jadi melupakan aspek yang juga penting untuk kelangsungan teras dan hunian Anda secara umum, yaitu sumber pencahayaan. Siapkan sumber pencahayaan yang memadai untuk tampilan teras Anda. Anda dapat menggunakan lampu hias, atau lampu LED untuk menerangi area teras Anda yang indah.

6. Area hijau
Tidak semua rumah memiliki taman, sedangkan hadirnya taman dapat memberikan hawa sejuk untuk si empunya rumah. Jika Anda juga tidak memiliki taman, jangan khawatir. Anda dapat memanfaatkan teras Anda untuk dijadikan tempat tumbuhnya tanaman hijau. Taruh beberapa tanaman hias di pot, dan gantung di langit-langit teras. Selain digantung, Anda juga dapat menempatkan beberapa tanaman hias di atas meja, atau di sudut-sudut lainnya sebagai pemanis.

Nah, itulah 6 hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika membuat teras yang indah dan nyaman di pelataran rumah Anda. Jangan lupa juga memilih kontraktor pembuat teras terbaik untuk mewujudkan teras impian untuk rumah kesayangan Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar