Senin, 26 Juni 2017

Daftar Wisata Pantai Di Jogjakarta

Daftar Wisata Pantai Di Jogjakarta

Jogja merupakan salah satu kota yang terkenal di Indonesia sebagai tujuan travelling.  Jangan hanya ke Malioboro saat ke Jogja karena juga banyak pantai indah yang ada di Yogyakarta :

1. Pantai Parangtritis

Dengan mengunjungi pantai paling terkenal di Jogja ini, selain pemandangan indah, sekaligus kita juga bisa mengunjungi beberapa obyek yang berdekatan, seperti Pantai Parangkusumo, Pantai Parangendog, Pantai Depok, dan beberapa obyek lain. Untuk menikmati keindahan pantai ini, ada juga yang menyewakan bendi (kereta kuda) dan ATV (All Terrain Vehicle).


2. Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal adalah salah satu pantai paling cantik yang ada di Jogja. Pasir pantai di sini terlihat putih bersih dan lembut. Pantai Pok Tunggal juga dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang membuat pemandangan semakin indah. Pantai Pok Tunggal ini cenderung baru. Pantai ini baru mulai booming mulai tahun 2012. Pantai ini memiliki beberapa keunikan. Salah satunya adalah keberadaan sumber air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah.

3. Pantai Indrayanti

Nama pantai ini sebenarnya adalah pantai Pulang Sawal atau disingkat dengan pantai Pulsa. Indrayanti sebenarnya adalah nama pemiliki sebuah cafe di sana. Namun, orang-orang sudah terlanjur mengenal pantai ini dengan nama pantai Indrayanti. Masih berada di kecamatan Tepus, pantai Indrayanti memiliki pasir putih serta air yang bersih. Asyik sekali untuk bermain-main air.

Pantai Pulang Sawal alias Pantai Indrayanti ini sudah cukup ramai namun keasrian pantai ini masih terjaga dengan sangat baik. Pantai ini juga sudah cukup modern. Disana sudah terdapat penginapan, cafe serta restoran. Pantai ini juga dikelilingi oleh batu-batu karang berukuran besar. Terdapat pula gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati udara pantai yang sejuk dan menenangkan.

4. Pantai Sundak

Pantai Sundak adalah salah satu pantai yang memiliki nilai sejarah di Jogja. Lokasi pantai ini masih di kecamatan Tepus tepatnya di desa Sidoharjo. Asal muasal nama pantai cukup unik. Pada jaman dulu, sekitar tahun 1976 ada sebuah kejadian menarik. Ada seekor anjing piaraan yang bermain-main di sana lalu masuk ke dalam goa.

Di goa tersebut si anjing bertemu dengan seekor landak. Karena sedang lapar si anjing bermaksud untuk memakan landak tersebut namun si landak bermaksud untuk menghindar. Akhirnya terjadilah perkelahian antara keduanya. Singkatnya, si anjing berhasil memenangkan pertarungan dan berhasil memakan daging landak. Nah, dari peristiwa tersebutlah kemudian muncul nama Sundak yang merupakan kependekan dari asu (anjing) dan landak. Sebelum menjadi Sundak pantai ini dulunya bernama pantai Wedibelah.

5. Pantai Krakal

Pantai ini berada di kecamatan Tanjungsari. Sama seperti pantai lainnya di Gunung Kidul, pantai Krakal memiliki view yang indah dengan pasir putih dan ombak yang ramah. Sebagian besar bibir pantai ini terdapat batu-batu karang, tempatnya ikan-ikan kecil berada. Ombak di pantai Krakal ini juga cukup friendly untuk mereka yang suka berselancar. Pantai ini juga sudah cukup ramai. Hotel dan restoran sudah banyak terdapat di sekitar pantai.

6. Pantai Goa Cemara

Pantai ini dinamai Pantai Goa Cemara karena menuju ke pantainya, sejak di gerbang retribusi, kita akan melewati pohon-pohon cemara yang berjejer rapat, sehingga seolah kita sedang memasuki goa dari pohon cemara. Ada mercusuar juga untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

7. Pantai Baru Bantul

Pantai Baru berada satu garis dengan Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, Pantai Pandan Sari, dan juga Pantai Pandan Simo. Di pantai ini, kita bisa menikmati pemandangan sekaligus kuliner sea food yang banyak tersedia di sini.

8. Pantai Depok

Buat yang suka makan ikan laut, pas sekali kalau memilih Depok ini sebagai destinasi acara main ke pantai liburan ini. Ya, di pantai ini ada Tempat Pelelangan Ikan (TPI)-nya. Tinggal pilih, mau ikan bawal, kakap, pari, tongkol, cumi-cumi, atau ikan hiu juga ada. Ombaknya menggulung cukup besar, jadi sebaiknya jangan terlalu jauh ke tengah ya.

9. Pantai Samas

Di Pantai ini, ada mercusuar untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Anginnya cukup kencang. Karena bibir pantai yang curam, tidak disarankan untuk berenang hingga ke tengah. Di sebelah timur Pantai Samas, kini juga sudah dibangun obyek baru, “Pesona Pengklik”. Pengklik adalah laguna yang selain menawarkan pemandangan unik, juga dimanfaatkan antara lain untuk kuliner apung, memancing, dan lain-lain.

10. Pantai Siung

Berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Jogja, pantai Siung bisa ditempuh dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Pantai ini memiliki batu-batu karang berukuran besar. Untuk Anda yang hobi panjat tebing, pantai Siung adalah tempat yang asik untuk menyalurkan hobi tersebut. Tebing-tebing di pantai Siung banyak yang dimanfaatkan untuk melakukan panjat tebing. Adalah lebih dari 250 jalur panjat tebing yang terdapat di pantai Siung. Di Pantai Siung juga terdapat sebuah camping ground yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda jika kamu ingin menghabiskan malam di Pantai Siung.

1 komentar: